Selasa, 26 Mei 2015

MARAK YA BERAS PLASTIK

Sudah marak sejak 2012
Penelusuran menggunakan teknik pencarian Google Trend, isu beras plastik di Indonesia sudah terekam sejak tahun 2012 dengan mengutip pemberitaan yang ada di media Tiongkok. Di negeri Tiongkok, isu beras plastik ternyata sudah marak sejak tahun 2011.
Waktu itu, media AsiaNews.it yang memberitakan beras plastik dengan judul "Beras Plastik Buatan Taiyuan". Disebutkan, beras plastik dibuat dengan cara mencampurkan kentang dengan resin sintetis.
"Beras ini murah, tetapi bisa menciptakan profit tinggi. Namun, bahan resin ini sulit dicerna dan seperti memakan plastik," begitu AsiaNews.it melaporkan pada 2011.
Beras plastik sejak tahun 2011 dikabarkan telah dijual di Taiyuan, salah satu kota di Tiongkok, di Provinsi Shaanxi. Beras palsu ini tetap keras setelah dimasak dan sulit dicerna. Namun, karena biaya produksi rendah, beras ini terus diproduksi.
Asosiasi Restoran Tiongkok, seperti dikabarkan AsiaNews.it, memberi pengandaian; memakan tiga piring nasi yang terbuat dari beras sintetis ini sama dengan memakan satu tas plastik. Disebutkan, investigasi terhadap kasus ini sudah dimulai sejak tahun 2011.
Isu internasional dengan kata kunci plastic rice ternyata sudah muncul sejak tahun 2007. Kompas menyertakan grafik perbandingan tren pencarian antara kata kunci "beras plastik" dengan plastic rice sejak tahun 2007 hingga kini. Terlihat bahwa masalah ini semakin lama semakin menjadi isu internasional yang meluas.
India dan Malaysia termasuk negara yang kini sedang waspada terhadap peredaran beras plastik. Di Kerala, India, beras plastik sudah beredar dan meresahkan warga. Bahkan, ketika beras plastik dimasak, muncul lapisan plastik yang tampak kasatmata dan jika dibakar reaksinya sama dengan plastik.
Di Youtube, banyak akun yang berbagi informasi tentang beras plastik ini. Mulai dari cara membedakan beras plastik dengan beras asli hingga ada yang menampilkan video cara pembuatan beras plastik.
Salah satu video yang cara pembuatan beras plastik menampilkan pabrik yang sedang memproses bahan baku plastik ke dalam sebuah mesin yang akhirnya menghasilkan butiran-butiran mirip beras. Namun, keaslian video itu belum bisa diverifikasi.
Hingga kini, Pemerintah Indonesia belum mengambil langkah khusus untuk menangani masalah ini. Dari Google Trend, tampak terlihat isu beras plastik ini menjadi topik paling dicari pada Selasa (19/5) dengan volume pencarian mencapai lebih dari 20.000 kali

1 komentar:

  1. Terimakasih infonya sangat membantu :)
    https://caraalamimemutihkankulit25.wordpress.com/2015/06/01/cara-alami-memutihkan-kulit/

    BalasHapus