Rabu, 25 Desember 2013

NASIHAT

Nasihat merupakan suatu didikan dan peringatan yang diberikan berdasarkan kebenaran dengan maksud untuk menegur dan membangun seseorang dengan tujuan yang baik. Nasehat selalu bersifat mendidik. Saya memahami hal ini sebagai filosofi dari sebuah nasehat.

Namun didalam realitanya sebuah nasehat sering bersifat relatif, bergantung standar yang digunakan oleh penasehat. Nasehat harus berdasarkan kebenaran, tetapi standar kebenaran menurut setiap orang tidaklah sama. Kebenaran menurut seorang kriminil, berbeda dengan kebenaran menurut pejabat. Kebenaran menurut seorang debt collector berbeda dengan kebenaran menurut kaum agamis. Kebenaran menurut pendusta berbeda dengan kebenaran menurut kaum idealis. Kebenaran menurut seorang dukun/occultis berbeda dengan kebenaran menurut hamba Tuhan.

Pertimbangan tentang sifat relatifitas dari sebuah nasehat akan menuntun kita untuk mempertimbangkan nilai dari nasehat.

Contoh :
Orang tua yang berkeluh kesah tentang nilai disekolah dan knowledge dari anaknya tidak berkembang, lalu dia memberikan berbagaimacam hikmat dan nasihat kepada si anak…namun setelah diselidiki ternyata setiap jam belajar si orang tua dan si anak ternyata bersama-sama nonton sinetron….
Banyak anak-anak sekolah yang rajin merokok…..dan ditegur oleh orang tua namun tetap saja bandel, mengapa demikian ? ternyata orang tua memberikan contoh merokok !!

 Arti dari hal ini :
Jangan pernah memiliki anak bila tidak tahu cara mendidik anak, jika tidak mau anak tersebut menjadi seorang penjahat. Seorang guru yang tidak bisa mendidik seorang murid hanya akan merusak masa depan seorang murid dan menjadikannya sebagai perampok hidup orang lain.

Saya pribadi melihat orang-orang munafik seperti ini sebagai penebar tipu muslihat yang tidak mampu mereka kejar….so bagaimana cara meresponnya ? Cara meresponnya adalah dengan menghargai nasihat mereka dan mendengarkan mereka berbicara…namun bila dipaksa untuk melakukannya, cerminkan nasihat yang diberikan pada si pemberi nasihat. Orang-orang munafik seperti ini akan terkejut pada saat standar yang dia berikan, dikembalikan lagi kepadanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar