Secara umum, seseorang idealnya diharapkan mempunyai kemampuan dan kualitas yang baik pada Hard Skill maupun Soft Skill. Soft skill kini menjadi salah satu faktor yang menentukan kesuksesan karir seseorang dan dapat turut meningkatkan kinerja organisasi. Bagi pembelajar, terlepas dari apakah siswa / mahasiswa ingin bekerja pada orang lain atau membuka usaha sendiri, yang jelas soft skill sangat diperlukan. Bukan hanya untuk lingkup dunia kerja, namun juga dalam tiap sendi kehidupan. Mahasiswa sebaiknya aktif berkegiatan apa pun yang positif. Jangan jadikan tak punya waktu sebagai alasan. Kuncinya, pandai mengatur skala prioritas dan management
Soft skill adalah kemampuan mengaktualkan dan mengorganisir berbagai kemampuan yang ada pada masing-masing individu dalam suatu keteraturan sistemik menuju suatu tujuan bersama. Maksudnya bahwa untuk bisa menjadi seseorang yang diinginkan dan bisa hidup berdampingan bersama orang lain baik di tempat kerja maupun di masyarakat maka harus mengembangkan sikap toleran, simpati, empati, emosi, etika dan unsure psikologis lainnya. Banyak softskill yang kita butuhkan, contohnya Kemampuan Berkomunikasi, kemampuan beradaptasi, berjiwa kepemimpinan, pengambilan keputusan, pemecahan masalah, menganalisis, bekerjasama, bersikap sopan santun dan masih banyak lagi soft skill yang kitabutuhkan dalam diri kitta
Hasil penelitian
menunjukkan , soft skill yang menentukan kesuksesan seseorang dalam
kepemimpinan suatu bisnis. Seperti artikel pada CPA Journal yang mengemukakan
bahwa 20% kesuksesan seseorang diperkirakan berasal dari intelegensia yaitu
kemampuan untuk belajar dan memahami. Sementara itu, 80% sisanya berasal dari
kemampuan untuk memahami diri sendiri dan berinteraksi dengan orang lain. Oleh
karena itu, tak dapat disangkal lagi bahwa soft skill merupakan syarat
terpenting untuk sukses di profesi manapun. Komunikasi merupakan sesuatu yang
selalu kita lakukan baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional. Komunikasi
juga mengambil peranan penting dalam team working skill. Jika kita tidak dapat
bekerja sama dengan baik dengan orang-orang lain di dalam organisasi, maka
tujuan akan semakin sulit untuk dicapai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar