Pengertian pasar tempat bertemunya penjual dan
pembeli untuk melakukan jual beli barang dan jasa.Tetapi ada kemajuan dalam
bidang pengetahuaan dan teknologi maka dapat dilakukan tidak hanya dipasar melainkan dapat terjadi dijalan,dikantor,dirumah,dan
lain Lain.
Pengertian Pemasaran (Inggris:Marketing) F proses penyusunan komunikasi
terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam
kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Sumber:htt://id.pikiwedia.org/wiki/pemasaran
2. JENIS JENIS PASAR
] Dilihat dari segi fisik pasar dapat
digolonkan yaitu:
Ø Pasar nyata yaitu merupakan pasar yang pembeli
dan penjualnya
bertemu secara
pada suatu tempat tertentu.
Ø Pasar abstrak yaitu pasar yang tidak
harus bertemu di suatu tenpat seperti pasar nyata. Tetapi dapat bertemu
ditempat yang sudah di sepakati
] Dilihat dari segi barang yang di
jual belikan
Ø Pasar barang konsumen yaitu barang
yang dapat lang sung di gunakan memenuhi kebutuhan manusia.
Pasar faktor
produksi yaitu pasar yang memperjual belikan barang yang mempermudah untuk
kelancaran produksi contohnya pasar tenaga kerja.
] Dilihat dari segi luas kegiatan distribusi
Ø Pasar local yaitu pasar yang
pemasaranya terbatas hanya di daerah tersebut,maka penjual dan pembeli terbatas
pada orang orang tersebut.contohnya pasar geplak di daerah bantul.
Ø Pasar nasional yaitu passer yang
pemasarannya meliputi sluruh dearah dalam suatu Negara.
Ø Pasar internasional yaitu pasar yang
jangkauanya melebihi satu negara
] Dilihat dari segi waktu kejadian
Ø Pasar harian yaitu pasar yang
terjadi tiap hari
Ø Paar mingguan yaitu pasar yang
terjadi kurang lebih seminggu satu kali
Ø Pasar bulanan yaitu pasar yang
terjadi kurang lebih sebulan satu kali
Ø Pasar tahunan yaitu pasar yang
terjadi kurang lebih setahun sekali
Sumber:
subroto,DJ dan Wahyuni Daru.2008.pengetahuan social ekonomi. Edisi 1.
Jakarta:bumi aksara
3. KONSEP KONSEP PEMASARAN
Konsep-konsep
inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas,
nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan
pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.
Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu.
Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap
kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan
akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk
membelinya
PEMBAURANPEMASARAN
Karena pemasaran bukanlah ilmu pasti
seperti keuangan, teori bauran pemasaran juga terus berkembang. Dalam
perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P yang selanjutnya adalah
People (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik), Process (Proses). Penulis
buku Seth Godin, misalnya, juga menawarkan teori P baru yaitu Purple Cow.[1]
Pemasaran lebih dipandang sebagai
seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung pada lebih banyak
pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorientasi
pada ilmu tertentu.
Pandangan ahli ekonomi terhadap
pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau
diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan
keinginan konsumen (konsep pemasaran).
Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.
Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.
SUMBER:htt/id.wikipediaorg/wiki/pemasasran
4. MANAJEMEN PEMASARAN
Keadaan permintaan dan tugas pasar
Ada delapan keadaan permintaan yaitu:
- Permintaan negatif
- Tidak ada permintaan
- Permintaan terpendam
- Permintaan menurun
- Permintaan yang tidak beratuaran
- Permintaan penuh
- Permintaan yang berlebihan
- Permintaan yang tidak sehat
5. Falsafah Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran merupakan sebuah proses yang merencanakan dan melaksanakan konsep,penetapan harga, promosi, dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menghasilkan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran yang sudah ditetapkan baik menurut perorangan dan organisasi.
SUMBER : Buku pengantar bisnis Pandji
Anoraga, S.E, M.M
6.
Tentang Produk ,Harga, Saluran Distribusi dan Promosi
Bauran produk merupakan posisi produk dan strategi produk, serta menekankan
bahwa strategi pemasaran yang sukses memerlukan integrasi tinggi dari produk,
harga, promosi dan distribusi. Posisi produk dan diferensiasi adalah kunci dari
strategi pemasaran yang sukses. Hal ini mejelaskan bagaimana sebaiknya suatu
bisnis memposisikan produknya relatif terhadap kebutuhan pelanggan dan pesaing
serta bagaimana sumber diferensiasi diperlukan untuk membuat posisi produk ini
berbeda dan superior dibandingkan produk pesaing.Harga merupakan bagian penting nilai pelanggan dan profitabilitas usaha. Harga tinggi memang baik untuk margin tapi dapat menyebabkan volume pelanggan yang rendah jika keuntungan bayangan kurang dari harga bayangan. Dalam pasar kompetitif dimana mungkin terdapat diferensiasi produk, market based pricing menyajikan rasional pricing dirancang untuk mengantar tingkatan tinggi nilai pelanggan dan profitabilitas usaha.
Market based pricing dimulai dengan kebutuhan pelanggan, posisi para pesaing dan penempatan produk usaha dan bekerja mundur ke margin. Sebaliknya, pendekatan cost based pricing dimulai dengan biaya produk dan target margin dan bekerja menuju harga pasar. Cost based pricing bisa mengarah kepada pricing kurang atau lebih pada pasar dimana diferensiasi mungkin ada. Akan tetapi, pada pasar dimana diferensiasi minimum dan pelanggan dalam situasi price sensitive, cost based pricing dapat menjadi pendekatan yang cocok untuk pricing.
Sedangkan saluran distribusi merupakan sarana bagi pemasar untuk menentukan bagaimana dan dimana konsumen akan membeli barang yang diperlukan. Strategi saluran distribusi sendiri tidak sederhana, yang hanya sekedar memilih lokasi yang baik, tetapi lebih melihat bagaimana permintaan dari konsumen dari waktu ke waktu yang semakin canggih yang sejalan dengan perkembangan produk, merek pesaing dan akses informasi melalui internet. Keputusan saluran distribusi sangat mahal karena adanya faktor tanah, bangunan, lokasi penyuplai, kebutuhan infrastruktur IT, dan melihat saluran distribusi yang dikembangkan perusahaan.
Dikutip dari buku Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. – Pemasaran Strategik (Klik di sini untuk melihat buku secara keseluruhan atau silakan copy link berikut ini http://ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id/2010/07/15/pemasaran-strategik-strategic-marketing/)
7. TUJUAN SISTEM PEMASARAN
Z Memaksimalkan konsumsi.
Z Memaksimalkan kepuasan konsumen
Z memaksimalkan kualitas hidup
8.PENDEKATAN
DALAM MEMPELAJARI PEMASARAN
Pemasaran
tujuan system pemasaran, memaksimumkan Mutu Hidup Termasuk didalamnya kualitas,
kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang ; mutu lingkungan fisik; dan
mutu lingkungan kultur pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan Seba
Fungsi Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu : pembelian, pengangkutan,
penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan
grading, pengumpulan informasi pasar Pendekatan Serba Lembaga Dilihat dari
lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen,
suplier, perantara dagang dsb Pendekatan Serba barang (Pendekatan Organisasi
Industri) Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen
akhir atau konsumen industri Pendekatan Serba Manajemen Dilihat dari pendapat
manajer serta keputusan yang diambil
Pemasaran pendekatan dalam mempelajari pemasaran,
pendekatan Serba Sistem Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem
pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar