Rabu, 21 November 2012

bab 6 pengertian pasar dan pemasaran



Pengertian pasar  tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan jual beli barang dan jasa.Tetapi ada kemajuan dalam bidang pengetahuaan dan teknologi maka dapat dilakukan tidak hanya dipasar  melainkan dapat terjadi dijalan,dikantor,dirumah,dan lain Lain.
Pengertian  Pemasaran (Inggris:Marketing) F proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

Sumber:htt://id.pikiwedia.org/wiki/pemasaran


2. JENIS JENIS PASAR

] Dilihat dari segi fisik pasar dapat digolonkan yaitu:

Ø  Pasar nyata yaitu merupakan pasar yang pembeli dan penjualnya
 bertemu secara  pada suatu tempat tertentu.
Ø Pasar abstrak yaitu pasar yang tidak harus bertemu di suatu tenpat seperti pasar nyata. Tetapi dapat bertemu ditempat yang sudah di sepakati

] Dilihat dari segi barang yang di jual belikan
Ø Pasar barang konsumen yaitu barang yang dapat lang sung di gunakan memenuhi kebutuhan manusia.
Pasar faktor produksi yaitu pasar yang memperjual belikan barang yang mempermudah untuk kelancaran produksi contohnya pasar tenaga kerja.

] Dilihat dari segi luas kegiatan distribusi
Ø Pasar local yaitu pasar yang pemasaranya terbatas hanya di daerah tersebut,maka penjual dan pembeli terbatas pada orang orang tersebut.contohnya pasar geplak di daerah bantul.
Ø Pasar nasional yaitu passer yang pemasarannya meliputi sluruh dearah dalam suatu Negara.
Ø Pasar internasional yaitu pasar yang jangkauanya melebihi satu negara

] Dilihat dari segi waktu kejadian
Ø Pasar harian yaitu pasar yang terjadi tiap hari
Ø Paar mingguan yaitu pasar yang terjadi kurang lebih seminggu satu kali
Ø Pasar bulanan yaitu pasar yang terjadi kurang lebih sebulan satu kali
Ø Pasar tahunan yaitu pasar yang terjadi kurang lebih setahun sekali

Sumber: subroto,DJ dan Wahyuni Daru.2008.pengetahuan social ekonomi. Edisi 1. Jakarta:bumi aksara






3. KONSEP KONSEP PEMASARAN

Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya

PEMBAURANPEMASARAN                                                                          
 Ø Product (produk)
Ø Price (harga)
Ø Place (tempat, termasuk juga distribusi)
Ø Promotion (promosi
Karena pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti keuangan, teori bauran pemasaran juga terus berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P yang selanjutnya adalah People (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik), Process (Proses). Penulis buku Seth Godin, misalnya, juga menawarkan teori P baru yaitu Purple Cow.[1]
Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung pada lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu.
Pandangan ahli ekonomi terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran).
Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk
pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.
SUMBER:htt/id.wikipediaorg/wiki/pemasasran

4. MANAJEMEN PEMASARAN
Keadaan permintaan dan tugas pasar 
Ada delapan keadaan permintaan yaitu:
  1. Permintaan negatif
  2. Tidak ada permintaan
  3. Permintaan terpendam
  4. Permintaan menurun
  5. Permintaan yang tidak beratuaran
  6. Permintaan penuh
  7. Permintaan yang berlebihan
  8. Permintaan yang tidak sehat




5. Falsafah  Manajemen Pemasaran 

Manajemen pemasaran merupakan  sebuah proses yang merencanakan dan melaksanakan konsep,penetapan harga, promosi, dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menghasilkan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran yang sudah ditetapkan baik menurut perorangan dan organisasi.
SUMBER : Buku pengantar bisnis Pandji Anoraga, S.E, M.M
6. Tentang Produk ,Harga, Saluran Distribusi dan Promosi
Bauran produk merupakan posisi produk dan strategi produk, serta menekankan bahwa strategi pemasaran yang sukses memerlukan integrasi tinggi dari produk, harga, promosi dan distribusi. Posisi produk dan diferensiasi adalah kunci dari strategi pemasaran yang sukses. Hal ini mejelaskan bagaimana sebaiknya suatu bisnis memposisikan produknya relatif terhadap kebutuhan pelanggan dan pesaing serta bagaimana sumber diferensiasi diperlukan untuk membuat posisi produk ini berbeda dan superior dibandingkan produk pesaing.
Harga merupakan bagian penting nilai pelanggan dan profitabilitas usaha. Harga tinggi memang baik untuk margin tapi dapat menyebabkan volume pelanggan yang rendah jika keuntungan bayangan kurang dari harga bayangan. Dalam pasar kompetitif dimana mungkin terdapat diferensiasi produk, market based pricing menyajikan rasional pricing dirancang untuk mengantar tingkatan tinggi nilai pelanggan dan profitabilitas usaha.
Market based pricing dimulai dengan kebutuhan pelanggan, posisi para pesaing dan penempatan produk usaha dan bekerja mundur ke margin. Sebaliknya, pendekatan cost based pricing dimulai dengan biaya produk dan target margin dan bekerja menuju harga pasar. Cost based pricing bisa mengarah kepada pricing kurang atau lebih pada pasar dimana diferensiasi mungkin ada. Akan tetapi, pada pasar dimana diferensiasi minimum dan pelanggan dalam situasi price sensitive, cost based pricing dapat menjadi pendekatan yang cocok untuk pricing.
Sedangkan saluran distribusi merupakan sarana bagi pemasar untuk menentukan bagaimana dan dimana konsumen akan membeli barang yang diperlukan. Strategi saluran distribusi sendiri tidak sederhana, yang hanya sekedar memilih lokasi yang baik, tetapi lebih melihat bagaimana permintaan dari konsumen dari waktu ke waktu yang semakin canggih yang sejalan dengan perkembangan produk, merek pesaing dan akses informasi melalui internet. Keputusan saluran distribusi sangat mahal karena adanya faktor tanah, bangunan, lokasi penyuplai, kebutuhan infrastruktur IT, dan melihat saluran distribusi yang dikembangkan perusahaan.
 Dikutip dari buku Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. – Pemasaran Strategik (Klik di sini untuk melihat buku secara keseluruhan atau silakan copy link berikut ini http://ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id/2010/07/15/pemasaran-strategik-strategic-marketing/)



7. TUJUAN SISTEM PEMASARAN

Z Memaksimalkan konsumsi.
Z Memaksimalkan kepuasan konsumen
     Z memaksimalkan kualitas hidup


8.PENDEKATAN DALAM MEMPELAJARI PEMASARAN


Pemasaran tujuan system pemasaran, memaksimumkan Mutu Hidup Termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang ; mutu lingkungan fisik; dan mutu lingkungan kultur pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan Seba Fungsi Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu : pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar Pendekatan Serba Lembaga Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang dsb Pendekatan Serba barang (Pendekatan Organisasi Industri) Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri Pendekatan Serba Manajemen Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil
Pemasaran pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan Serba Sistem Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar