Kamis, 01 Mei 2014

ASPEK RELIGIUSITAS DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HALAL ( studi tentang labelisasi halal pada produk makanan dan minuman kemasan)

                                                      
 Dwiwiyanti Astogin Wahyudi dan Siti Zulaikha Wulandari
 fakultas ekonomi universitas jendral soedirman


HASIL ANALISIS

Penelitian ini menggunakan metode survey dengan instrumen penelitian berupa kuesioner yang dibagi menjadi 3bagian. Bagian pertama merupakan pertanyaaan - pertanyaan untuk mengetahui identitas responden. Bagian kedua berisi pertanyaan respoden mengenai aspek religiusitas dan keputusan pembelian mengenai consumer goods oleh respoden, serta bagian ketiga berisi pertanyaaan - pertanyaan untuk mengetahui pendapat responden terhadap kepercayaan label halal yang dikeluarkan oleh perusahaan dan label halal yang dikeluakan oleh MUI.

Peneliti menyebarkan 110 kuesioner dengan respon rate adalah sebesar 91% ( 100 responden ). Responden berjenis kelamin laki- laki dan responden berjenis kelamin perempuan mempunyai presentase yang hampir seimbang yaitu 51% responden berjenis kelamin laki- laki dan 44% responden berjenis kelamin oerempuan. Sedangkan 5 % responden tidak bersedia memberikan jawaban.

Bedasarkan jenis pekerjaaanya, 21 % responden bekerja sebagai Pns, yaitu karyawan beberapa instansi pemerintah ( PEMDA), dosen dan guru. 24 % dalah karyawan swasta. 15% respoden mempunyai pekerjaan wiraswasta, mayoritas diantara mereka adalah pedagang . 14 % respoden ibu rumah tangga, 15 % adalah pelaja / mahasiswa. Peresntase terkecil adalah respoden yang tidak mempunyai pekerjaan sebagai TNI / PORLI yaitu 3% . 8% respoden masuk dalam kelompok lain -lain yaitu respoden yang mempunyai pekerjaan sebagi pegawai tidak tetap, buruh, dan pembantu rumah tangga.

HASIL ANALISIS DATA

Uji validitas dan reliabilitas dilakukan terhadap 30 jawaban responden hasil analisis dengan menggunakan korelasi product moment, yang diolah dengan program spss 16.0 menunjukan bahwa r hitung untuk semua item pertanyaan pada variabel x1, x2, x3, x4, dan x5 lebih besar di bandingkan rtabel ( 0,463) atau signifikan 0,01. Hal ini menunjukan bahwa semua item pertanyaan tersebut valid dan layak di gunakan sebagai instrumen penelitian.
Selanjutnya untuk menguji reabilitas kuesioner dipergunakann perhitungan dengan rumus alpha cronbach. Nilai yang diperoleh dari hasiluji reliabilitas terhadap item-item pertanyaan dalam variabel x1, x2, x3, x4,x5, dan variabel y memiliki nilai r hitung yang lebih besar dibandingakn r tabel (0,463) atau signifikan pada tingkat 0,01 sehingga semua item pertanyaan tersebut reliabel dan layak di gunakan sebagai instrumen penelitian.

Pengujian hipotensis 1

Secara simultan kelima dimensi religiuistas ini berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk halal yang ditunjukan dengan nilai uji f hitung sebesar dan nilai signifikan f sebesar 0,000, pada @ 95 % namun secara parsialhanya terdapat satu dimensi aspek religiusitas yaitu dimensi konsekuensi yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk halal 

 Pengujian hipotensis 2 
  
Untuk mengetahui dimensi apakah daam aspek religiusitasyang mempunyaipengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian produk halal di gunakan uji elastisitas. Namun demikian karena hanya dimensi konsekuensi yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk halal. Maka dimensi konsekuesilaj yang mempunyai pengaruh terbesar dalam keputusan pembelian produk halal. Oleh karena itu hipotensi 2 yang menyatakan bahwa dimensi ritual yang mempunyai pengaruh besar terhadap keputusan pembelian produk halal ditolak

Uji normalitas kurva berbentuk lonceng serta diagram normal p-p plot regression standardized yang menggambarkan keberdaan titk -titik diekitas garis dan pada scatter plot tampak titk-titik menyebar yang kesemuanya menunjukan model berdistribusi normal. Hasil ini diperkuat dengan uji kolmogorov smirnov dimana nilai asymp.sig (2 tailed) sebesar 0,242 . @ (0.05) yang menujukan modelberdistribusi normal 

Uji heteroskedastistas bedaraskan uji heterokedesistas terdapat diketahi bahwa pada model tidak terjaddi gejala heteroskedastistas karena nilai signifikansi seluruh variabel x.@(0,05)

Uji multikolineritas diperoleh nilai VIF seluruh variabel < 10 sehingga dapat dikatakan bahwa tidak dapat gejala dikatakan bahwa tidak terdapat gejala multikolinieritas pada model persamaan regresi 

Bedasarkan uji autokorelasi pad lampiran 7 diperoleh dw sebesar 2,017 nilai ini terletak dihampir du ( 0,157) dan 4- du (2,22) sehingga dapat dikatakan bahwa tidak terdapat gejala utokolerasi pada model

PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN

Dimensi ritual tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputasan pembelian produk halal.hasil jawaban respoden untuk pertanyaan- pertanyaan dalam dimensi ritual mempunyai nilai rata- rata tinggi yaitu 4,31 artinya respoden taat dalam menjalakan perintah -perintah agama seperti sholat, puasa, membayar jzakat dan menunaikan (berniat ) untuk beribadah haji. Namun dimensi ini tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk halal. Hal ini karena respoden berpendapat bahwa sholat, puasa, zakat hajidan ritual ritual lain merupakan kewajiban sebagi muslim lepasdari keputusan mereka dalam membeli produk hala. Dimensi ritual nampak dam hal- halyang konkrit dan secara langsung berhubungan dengan ritual ibadah, sedangkan keputusan pembelian produk halallebih mengarah kegiatan muamalah yang tidak melibatkan ritual keagamaan dalam pelaksanaannya 

Dimensi intelektual dan dimensi pengalaman tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadapkeputusan pembelian produk haalal meskipun nilai rata- rat pertanyaan respoden untuk kedua dimensi ini yang cukup tinggi yaiu 4.16 dan 4.17 pertanyaan respoden untuk kedua dimensi ini mempunyai nilai rata -rata rendah diantara dimensi lain. Jawaban respoden mengindikasi bahwa mereka menerima kebenaran islam lebih karena doktrin doktrin yang mereka peroleh dari penanaman ajaan islam yang mereka peroleh sebelumnya, bukan dari agrumen dan pemikiran logika yang kuat. Jawaban    respoden untuk pertanyaan tentangusha untuk menambah penanaman agama dan menambah pemahaman tentang agamadan menambah pengetahuan keagamaan lewat seminar atau membaca buku-buku keagamaan juga relatif rendah . Hal ni menunjukan bahwa karena keenggan untuk menambah waasan dan pengetahuan keagaman maka sebagian besar responden juga tidak memahami akan esensi pentingnya kehalal suatu produk . Dalam pemahaman umum asalkan suatu produk tidak menggandung babi maka dianggap hala. Padahal pada kenyataan banyak sekali produk-produk makanan yang menggunakan zat tambahan seperti pengemulsi, pengawet dan sebagainya yang merupakan produk turunan atau ekstrak dari salah satu bagian tumbuh babi. Hal ini demikian banyak idak diketahui oleh masyakat islam sendiri karena kurangnya wawaasan mengenail ilmu-ilu agama yang sifatnya muamalah.

DAFTAR PUSTAKA 
Ancok, jamaludin dan find anshari suroso, pskilogi islam : solusi islam atas problema -problema psikologi ,pusaka pelajar ,yogyakarta , 1995
Al quran dan terjemahan, thoha putra, semarang ,1995
Assasel, henry. (198) constumer behavior and marketing action fourth edition kent. Publising company. Boston
Engel, j.f blacwell. Roger d & paul w. Winiard ( 1997) perilaku konsumen. Alih bahasa: budiyanto . F.x jilid ii, binaputra aksara
Fishbein. M. A. & ajezen i (1975) . Belief, attitude, intention dan behavioran introduction to theory and research reading : ma :  addision -weasley
Imron ( jurnal cakrawala fakultas agama islam umm) religiusitas dan kecedrasan emosi ( perspektif psikologi islami)
Janaludin , pskilogi agama. Raja grafindo , jakarta , 1996
Jamaludin ahmad www.biropersonel.metro.net diases pada tanggal 28 maret 2008
Kerlinger. F. N. 1990 asas-asas penelitian behavioral jilid i edisi ketiga ugm press yogyakarta
Mowen . J.c. & minor m ( 2004 ) perilaku konsumen : jilid 1 l. Salim ( penerjemah ) elangga. Jakarta 
Malhota naresh k ( 1996) . Marketing reseacg an appled orientation second edition prentice hall international inc new yersey
Pusat pembinaan dan pengembagan bahasa, kampus besar bahasa indonesia , balai pustaka, jakarta 1996
Sugiono ,(1996) metode penelitian bisnis, penerbit CV. ALFABETA. Bandung.

NAMA KELOMPOK
DEWI KARTIKA ( 21212950)
DINA NOVAYANTI (22212166)
MITA ANGGRENI ( 24212606)
NIKEN MIA LESTARI ( 25212315)